“Mengintip” Pola Belanja Konsumen Indonesia

sale-u2a1.jpgBagaimana pola belanja konsumen Indonesia di tahun 2008 ini? Pertanyaan ini menarik. Karena, dengan mengetahui lebih dalam mengenai pola belanja konsumen, maka sebuah perusahaan dapat lebih siap mengatur strategi bisnisnya agar dapat memenuhi permintaan konsumen sekaligus memenangi persaingan.

Namun, untuk memprediksi perilaku belanja konsumen tahun 2008 kita perlu melihat kembali ke tahun 2007. Seperti apa pola belanja konsumen pada tahun 2007? Misalnya, apa tempat favorit konsumen untuk berbelanja makanan, pakaian, barang-barang elektronik, dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya? Seberapa sering konsumen pergi ke tempat belanja dalam rentang waktu satu bulan?

Hasil survey dan riset MARS Indonesia dalam Indonesian Consumer Profile 2008 menunjukan bahwa, selama tahun 2007, tempat favorit berbelanja berbagai kebutuhan makanan dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya adalah Carrefour. Sedangkan untuk kebutuhan pakaian, Matahari Department Store menjadi pilihan pertama.

Yang menarik, ternyata untuk kebutuhan elektronik, Carrefour menjadi tempat favorit untuk wilayah Jakarta. Ini berarti, Carrefour mampu memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen. Namun, untuk wilayah Surabaya, Hartono Elektronik merupakan tempat favorit belanja elektronik.

Bagaimana dengan pola belanja secara kredit? Data dari ICP 2008 menunjukan bahwa pada tahun 2007 sebanyak 28% responden berbelanja secara kredit. Dan, mayoritas dari 28% responden tersebut melakukan kredit untuk keperluan pembelian sepeda motor. Kemudian, untuk kebutuhan pembelian rumah, dan ketiga untuk keperluan barang-barang elektronik.

Nah, dengan mengetahui lebih banyak data-data mengenai pola belanja konsumen, maka akan menjadi ‘amunisi’ bagi perusahaan dalam membuat strategi pemasaran yang ampuh. Dengan begitu, maka perusahaan bisa lebih percaya diri dalam memasuki persaingan yang semakin kompetitif.***

 

Tulisan ini dibuat untuk MARS Newsletter edisi 12 tahun ke-2 2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s