Menjadi Raja Berkat Partnership

partnership-building.gif

Jika ada pertanyaan, “Apa toko ritel consumer goods yang selalu ada di mana-mana?”, mungkin jawabannya bisa Indomaret atau Alfamart. Tetapi, bila pertanyaannya tentang toko ritel alat-alat pendukung komunikasi, maka semua orang akan ramai-ramai menjawab satu nama, OkeShop!


Kebesaran nama OkeShop bukanlah sesuatu yang mengherankan. Selama ini, OkeShop telah merajai distribusi dan perdagangan segala peralatan penunjang telekomunikasi di
Indonesia. Lihat saja jumlah gerai OkeShop, sudah mendekati 600 buah yang tersebar di 52 kota di Indonesia. Sebuah prestasi luar biasa. Sedangkan distributor lain paling-paling hanya memiliki 20, 30 atau paling banyak 100 gerai. Jadi, tidaklah berlebihan kiranya bila Trikomsel dengan OkeShop-nya disebut-sebut sebagai rajanya gerai distribusi alat-alat telekomunikasi.

Sebenarnya, banyak sekali gerai yang bermain di bidang yang sama seperti OkeShop. Namun, baru Trikomsel satu-satunya yang fokus dan mampu berekspansi menjadi begitu besar dan tersebar di mana-mana. Bahkan, Trikomsel berencana untuk menambah gerai OkeShop-nya menjadi 2000 hingga 3000-an gerai.

Trikomsel memang masih akan terus berekspansi. Gerai OkeShop pun akan lebih banyak diarahkan ke kota kecil dan menengah mengikuti perluasan jaringan dari operator seluler. Alasannya, potensi pasar di daerah-daerah masih besar dan akan terus bertumbuh.

Ekspansi yang terus dilakukan ini menunjukkan semangat Trikomsel yang optimis. Dengan didukung pengalaman dan konsep yang jelas, Trikomsel akan mampu mengukuhkan diri sebagai raja gerai di Nusantara. Bahkan, Trikomsel juga sedang berusaha memasuki pasar regional melalui produk multiseluler dengan menggandeng beberapa mitra asing.

Lalu, sebenarnya strategi apa yang dilakukan Trikomsel sehingga mampu “menyebarkan” OkeShop dengan cepat ke banyak kota di Indonesia?

Jawabannya jelas. Sejak awal Trikomsel serius membangun aliansi dengan berbagai perusahaan lain. Dengan melakukan aliansi, Trikomsel akan dapat semakin mudah merealisasikan visinya untuk menjadi distributor terlengkap dan terbanyak dalam solusi di bidang multimedia.

Setidaknya ada dua aliansi strategis yang berhasil dilakukan Trikomsel. Pertama, ketika berhasil mengakuisisi 366 buah XL-ritel yang semula dikelola langsung oleh Excelcomindo Pratama. Suatu kemajuan besar jika ditengok bahwa OkeShop baru mulai muncul sekitar 4 tahun sebelum mengambil XL-ritel.

Jika dianalisis, kerjasama ini sudah termasuk dalam tingkatan strategic integration atau sebuah kerjasama yang sudah bersifat strategis. Mengapa begitu?

Karena, pada tingkatan ini kerjasama antara Excelcomindo dengan Trikomsel selaku channel-nya tidak sekadar transaksional berdasarkan harga dan spesifikasi produk, tetapi sudah masuk pada pertimbangan sinergi dalam mengurangi biaya-biaya operasional. Termasuk juga sinergi dalam melakukan edukasi produk kepada para sales office di gerai-gerai OkeShop.

Juga, dalam hubungan ini, strategi yang dijalankan, target-target penjualan dan operasional, segmentasi dan target atas segmen pasar, serta positioning atas produk-produk yang dijual, persis sama antara Trikomsel dan Excelcomindo. Sehingga bisa tercipta win-win solution dalam kerjasama tersebut.

Selain itu, Trikomsel selalu berusaha menyesuaikan diri dalam memberikan pendidikan kepada petugas frontliner-nya dengan bantuan dari Excelcomindo. Misalnya, pendidikan tentang produk-produk. Jadi, pelanggan dapat mengetahui fitur-fitur dari produk tersebut secara jelas. Tentunya, hal ini akan bermanfaat baik bagi pelanggan, Excelcomindo, maupun bagi Trikomsel sendiri.

Bahkan, Trikomsel juga memberikan pendidikan kepada 900-an mantan petugas XL ritel yang bergabung dengan OkeShop agar mampu bekerja sesuai strategi dari OkeShop. Dengan begitu, sinergi yang dicapai bisa semakin optimal.

Kedua, saat Trikomsel bekerjasama dengan kelompok Matahari Department Store untuk membangun jaringan MO Shop. Sebenarnya, kerjasama dengan Matahari telah dilakukan sejak lama, tetapi baru dalam skala kecil. Bagi Trikomsel, ketika pelanggan seluler sudah mencapai puluhan juta saat ini, kehadiran MO Shop akan menjadi sangat penting. Untuk itu, dalam beberapa tahun ke depan, Trikomsel berencana membangun ratusan gerai lagi.

Pada prinsipnya, keberhasilan Trikomsel dalam membangun gerai-gerainya banyak didukung oleh keberanian Trikomsel dalam melakukan sebuah kemitraan. Kemitraan dalam bentuk strategic integration ini dilakukan Trikomsel ketika perusahaan yang menjadi mitranya memiliki segmen, target market, dan positioning yang serupa.

Trikomsel mampu membuktikan bahwa strategi yang berawal dari sebuah kemitraan ini pada akhirnya menjadi keunggulan daya saing tersendiri sehingga membawanya menjadi raja gerai alat-alat pendukung telekomunikasi.***

 

Tulisan ini dibuat penulis ketika masih bekerja di MarkPlus&Co sebagai business analyst

Advertisements

2 thoughts on “Menjadi Raja Berkat Partnership

  1. Strategi yang sangat bagus dan tepat telah dijalankan oleh trikomsel.semoga menjadi raja dari segala raja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s