Shar-E, Inovasi Menciptakan Life-Long Loyalist

pic_sharee.gifMemiliki pelanggan yang loyal merupakan cita-cita semua perusahaan. Apalagi bila pelanggan ini ikut mempromosikan dan menjadi pembela bagi produk perusahaan kita. Suatu kesuksesan luar biasa tentunya!


Contoh perusahaan yang memiliki pelanggan loyal adalah Harley Davidson. Banyak orang yang setia mengeluarkan dua puluh lima ribu dollar hanya untuk sebuah sepeda motor Harley Davidson. Padahal mereka baru akan mendapatkan motor tersebut setahun kemudian. Lain lagi dengan pelanggan setia Starbucks. Mereka dengan senang hati membayar lima dollar hanya untuk secangkir kopi. Bahkan mereka rela berlama-lama dan melakukan aktivitas pekerjaannya di Starbucks.

Namun apakah pelanggan bisa terus loyal dalam jangka waktu yang lama? Belum tentu. Karena bila dirasa perusahaan tidak lagi bisa memberikan lebih terhadap apa yang diinginkan atau dibutuhkan, maka pelanggan cenderung beralih ke perusahaan lain yang menawarkan lebih. Untuk itu, perusahaan perlu menerapkan berbagai strategi dalam menciptakan pelanggan yang tidak hanya loyal pada saat ini, tapi juga bisa loyal dalam waktu yang lama.

Di Indonesia, contoh sebuah perusahaan yang telah terbukti memiliki pelanggan yang sangat loyal adalah Bank Muamalat. Kelahirannya yang diprakarsai Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia menjadikan Bank Muamalat sebagai bank yang pertama kali dipercaya mengedepankan prinsip-prinsip syariah. Akibatnya, nasabah yang berpegang teguh terhadap nilai-nilai Islam akan langsung mengalihkan dananya ke Bank Muamalat. Artinya, masyarakat yang setia menjalankan aturan-aturan dalam Islam otomatis akan menjadi nasabah Bank Muamalat yang sangat loyal.

Memang, bila kita mengacu pada karakteristik segmen pasarnya, pasar Bank Muamalat adalah orang-orang yang memiliki kepatuhan tinggi terhadap prinsip Islam atau biasa disebut pasar emosional. Karakter pelanggan seperti ini adalah sangat setia dan selalu berusaha ikut mempromosikan produk atau perusahaan tersebut. Nah, dengan keunggulan yang dimiliki, maka Bank Muamalat bisa melaju lebih cepat daripada bank-bank lainnya.

Namun, Bank Muamalat menyadari bahwa pasar emosional ini tidaklah besar. Karena pasar terbesar adalah pasar rasional yang tidak hanya mementingkan prinsip keadilan tetapi juga keuntungan yang bisa didapat dari dana yang mereka simpan.

Karena itu, untuk meraih pasar rasional tersebut dan menciptakan nasabahnya agar menjadi long life loyalist, Bank Muamalat melakukan berbagai inovasi. Salah satu inovasi yang menarik adalah pada produk Shar-E.

Shar-E merupakan sebuah jasa layanan investasi syariah berbasis teknologi yang mengombinasikan akses investasi syariah, ATM dan Debit Card. Kartu ini bukan hanya kartu investasi yang akan memperoleh bagi hasil, tetapi juga berfungsi sebagai ATM dan Debit Card.

Selain itu, dengan berbagai kemudahan dan jaringan yang luas, karena bekerjasama dengan kantor Pos di seluruh daerah di Indonesia, maka produk Shar-E akan bisa meningkatkan loyalitas nasabah Bank Muamalat.

Melalui Shar-E juga, Bank Muamat memang ingin menciptakan suatu keterikatan emosional dan kemudahan bagi semua pelanggannya. Sesuai dengan tagline-nya yaitu easy, everywhere & extraordinary, Bank Muamalat menyediakan sebuah Investment Card pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang akan dikelola sesuai syariah dan memberikan akses kepada para peminat investasi melalui bank syariah.

Memang, Shar-E Card ditujukan untuk menjadi brand yang dapat digunakan oleh mitra aliansi Bank Muamalat. Baik mitra yang berupa bank maupun lembaga keuangan lainnya. Misalnya Shar-E Pegadaian, multi finance, maupun bank-bank konvensional yang ingin mengelola dana nasabahnya secara syariah tanpa harus membuka unit syariah, melainkan cukup dengan beraliansi dengan Bank Muamalat.

Agar loyalitas nasabahnya terus meningkat dan sustainable, Bank Muamalat juga berusaha untuk selalu memberikan berbagai kemudahan. Misalnya dengan memberikan kemudahan kepada pemegang kartu Shar-E sehingga dapat mengaktivasi nomor rekening pada kartu tersebut dan memiliki nomor rekening di Bank Muamalat. Dengan kemudahaan tersebut, pengguna Shar-E juga dapat mengakses 18.000 Debit BCA dan memperoleh akses penarikan tunai secara halal dan free of charge pada 4.885 ATM BCA dan ATM Bersama.

Strategi yang dilakukan Bank Muamalat dengan produk Shar-E bisa dikatakan sebagai penerapan strategi life-long loyalist. Nasabah banyak diberi kemudahan melalui Shar-E card dalam berbagai aktivitasnya. Sehingga, nasabah akan terus menggunakan Shar-E dalam setiap transaksinya. Nasabah yang awalnya memang sangat loyal, akan semakin loyal dengan berbagai kemudahan yang diberikan Shar-E.

Intinya, loyalist yang sustainable akan tercipta bila sebuah perusahaan dapat selalu membuat produk yang mampu memberikan kemudahaan dan manfaat lebih kepada pelanggannya. Pelanggan pun akan banyak memberikan keuntungan kepada perusahaan dengan melakukan promosi terhadap lingkungannya. Alhasil, strategi penciptaan life-long loyalist juga bisa menciptakan pelanggan-pelanggan baru bagi perusahaan Anda.

Dan bagi Anda, selamat menciptakan life-long loyalist

Tulisan ini dibuat penulis ketika menjadi business analyst di MarkPlus&Co

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s