Experience the Brand with Fashion

mercedes-benz-slr-mclaren-10.jpgTidak ada yang meragukan kalau Mercedes-Benz adalah perusahaan otomotif dengan brand sangat kuat di Indonesia, bahkan di dunia. Perusahaan dengan lambang kendaraan bintang tiga ini telah terkenal sebagai kendaraan berkualitas tinggi. Selain itu, di benak konsumen, Mercedes-Benz juga telah dikenal sebagai kendaraan yang sangat mementingkan keselamatan.


Reputasi seperti ini tidak begitu saja berhasil diciptakan di benak konsumen. Tetapi merupakan hasil dari pengalaman lebih dari 110 tahun dalam pembuatan mobil yang dimulai oleh sang pionir Gottlieb Daimler dan Karl Benz. Bahkan, Mercedes-Benz telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan raksasa dengan brand terkuat di dunia.

Namun, menjual produk bermerek kuat dengan harga supermahal tidaklah sederhana. Tidak hanya kondisi psikografis dan kelas sosial, tetapi gaya hidup konsumen juga memegang peranan penting untuk bisa di pahami oleh perusahaan. Gaya hidup adalah cerminan keadaan sosial-ekonomi dan suasana jaman. Siapapun yang mampu merangkulnya dengan kecerdasaan dan kreativitas, akan bertahan dan semakin berkembang. Kesadaran bahwa customer sekarang menjadi lebih smart dan memiliki lifestyle yang tinggi menjadi lebih penting.

Untuk itu, sangat tepat bila Mercedes-Benz melakukan rebranding dengan masuk ke dunia gaya hidup. Mercedes-Benz melakukan transformasi bisnis dalam bentuk experience yang mengusung lifestyle. Sehingga, experience tersebut bisa langsung dirasakan oleh para customer-nya.

Masuk ke dunia lifestyle, dilakukan Mercedes-Benz dengan mengadakan Mercedes-Benz Fashion Week di berbagai belahan dunia. Nah, langkah yang dilakukan Mercedes-Benz ini biasa disebut sebagai strategi experience the brand. Dan memang sengaja ditujukan kepada customer yang telah menjadikan lifestyle sebagai bagian dari kehidupannya.

Bagi Mercedes-Benz, strategi rebranding seperti ini dilatarbelakangi oleh kesamaan visi dalam memandang sebuah mode. Kesamaan visi tersebut terbentuk dalam pengembangan desain yang kreatif dan inovatif untuk setiap produknya. Mengingat Mercedes-Benz adalah bagian dari jagat fashion seperti halnya busana atau aksesoris.

Sebenarnya, Mercedes-Benz Fasion Week ini telah berlangsung cukup lama. Dan yang paling terkenal adalah Mercedes-Benz Asia Fashion Award (MBAFA). MBAFA ini merupakan kompetisi regional bagi perancang muda dari negara-negara Asia seperti Indonesia, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Kompetisi fashion bagi perancang-perancang muda bukanlah tanpa alasan. Mercedes-Benz jelas ingin menunjukan bukan hanya kemampuannya memperoduksi kendaraan yang secara teknis brilian dan elegan, tetapi juga kendaraan yang berjiwa muda dan dinamis.

Selain itu, kita juga bisa melihat bahwa customer membeli Mercedes-Benz bukan karena sebatas membutuhkan alat transportasi. Namun customer juga akan mendapatkan gaya hidup yang kuat. Inilah yang sebenarnya ingin dicapai Mercedes-Benz melalui MBAFA.

Disini sangat terlihat strategi rebranding with fashion yang dilakukan Mercedes-Benz. Yaitu, mode sebagai sebuah cara dalam menginformasikan citra produk dan visi dari perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya jual.

Terlihat pula commitment dan konsistensi Mercedes-benz dalam menjalankan konsep experience the Brand. Sehingga value yang tercipta terhadap brand Merceds-Benz akan dapat tersimpan kuat di benak customer. Alhasil, Mercedes-Benz pun akan mampu mempertahankan pasar atau bahkan meraih pasar yang baru.

Nah, tinggal sekarang bagaimana strategi perusahaan Anda melakukan experience the brand?***

Tulisan ini dibuat penulis ketika menjadi business analyst di MarkPlus&Co

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s