Advanced Lifestyle

mandiri-visa.jpgBagi dunia perbankan, customer satisfaction saja tidaklah cukup. Saat ini, loyalitaslah yang harus menjadi acuan keberhasilan perbankan. Kenapa? Karena satisfaction lebih berorientasi kepada nasabahnya. Satisfaction berbeda dengan loyalty, karena satisfaction hanya basic need saja. Sedangkan loyalty, lebih berorientasi pada bank.


Loyalitas nasabah itu intinya ada di transaction, relationship, partnership, dan ownership. Loyalitas itu tidak hanya berupa repeat customer, tapi juga immune atau sudah ketergantungan oleh produk perbankan. Jadi nasabah yang sudah loyal tidak akan tergoda untuk berpindah ke perbankan lain. Apalagi bila nasabah telah menjadi spiritual advocated, nasabah telah menjiwai dan akan ikut mempertahankan brand dari perbankannya.

Lantas, bagaimana dengan strategi yang dilakukan perbankan dalam menciptakan nasabah yang loyal? Padahal target market semua perbankan adalah sama, yaitu nasabah ritel dan corporate. Dan kompetisi antar perbankan yang terjadi saat ini juga sudah demikian tinggi.

Contoh yang menarik adalah seperti yang dilakukan Bank Mandiri dengan meluncurkan produk inovasi terbarunya, kartu Mandiri Visa Platinum. Kartu ini sengaja hadir dengan memberikan berbagai layanan dan benefit eksklusif, salah satunya adalah layanan personal assistance yang setiap saat siap memenuhi segala kebutuhan nasabah.

Kartu yang diluncurkan pada hari Rabu 14 Desember 2005, bertempat di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, merupakan kartu kredit dengan layanan eksklusif yang sengaja ingin mewujudkan obsesi gaya hidup yang diinginkan pemegang kartunya.

Maka, untuk menciptakan kesan yang kuat terhadap gaya hidup, peluncuran kartu Mandiri Visa Platinum didukung oleh Bazaar Cocktail Festive. Dalam bazaar tersebut di ketengahkan talk show dengan tema “Glamorous Year End Holiday”, peragaan busana dari FJ’L Boutique serta dimeriahkan oleh artis Titi DJ.

Dengan perlakukan yang istimewa tersebut, secara otomatis Bank Mandiri telah memberikan penghargaan yang luar biasa besar kepada nasabahnya. Ini berarti nasabah bukan lagi dianggap sebagai konsumen biasa pada umunya, tapi nasabah merasa dirinya sejajar dengan bank Mandiri. Nasabah sudah merasa dirinya sebagai partner dari Bank Mandiri.

Kalau sudah begitu, maka nasabah akan cenderung bersifat loyal. Dan bila ada godaan dari kompetitor lain, nasabah pun akan tetap setia terhadap Bank Mandiri.

Memang, benefit yang diberikan Mandiri Visa Platinum sangat memanjakan nasabahnya. Pemegang kartu tersebut akan memperoleh fasilitas dan layanan terbaik yang berupa personal assistance yang setiap saat siap membantu memenuhi segala kebutuhan baik untuk keperluan pribadi, keluarga maupun bisnis. Personal assistance itu seperti misalnya airport assistance, travel insurance, inconvenience travel insurance, private jet service, valet parking, purchase protection insurance, double power points.

Selain fasilitas-fasilitas eksklusif tersebut, pemegang kartu Mandiri Visa Platinum juga bisa menikmati berbagai program menarik dan terbaik. Misalnya saja program buy one get one free pembelian tiket first class dan business class malaysia airlines serta maskapai penerbangan terkemuka lainnya.

Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan fasilitas power discount di berbagai restoran maupun hotel pilihan, harga khusus di berbagai tempat perbelanjaan, acara-acara khusus untuk platinum society serta program eksklusif lainnya yang khusus dipersembahkan hanya untuk pemegang kartu Mandiri Visa Platinum.

Luar biasa memang strategi layanan yang dilakukan Mandiri Visa Platinum. Mulai dari bagaimana menciptakan repeat customer hingga menjadi loyal customer. Mulai dari memanjakan customer hingga mampu mewujudkan obsesi gaya hidup dari customer.

Memang, pemberian segala fasilitas dan layanan eksklusif ini sesuai dengan visi Mandiri Visa Platinum sebagai pemberi advanced lifestyle nasbahnya. Dengan Mandiri Visa Platinum, nasabah dapat mewujudkan segala hal yang ada dalam mimpinya.

Nasabah akan mampu merasakan suasana advanced lifestyle bersama Mandiri Visa Platinum. Sehingaa akan tercipta dibenak Nasabah, kartu Mandiri Visa Platinum merupakan kunci dalam mewujudkan semua impiannya.

Namun, satu hal yang pasti. Sesuai dengan visinya dalam mewujudkan advanced lifestyle, Bank Mandiri bisa menciptakan peningkatan hubungan dengan nasabahnya. Dan akhirnya, loyalitas nasabah terhadap Bank Mandiri akan tercipta secara alami dan sustainable. ***

 

Tulisan ini dibuat penulis ketika menjadi business analyst di MarkPlus&Co

Advertisement

One thought on “Advanced Lifestyle

  1. Hai pengelola,

    Karena sedang bicara soal visa mandiri, saya ada pertanyaan bagaimana sistim penghitungan bunga kartu kredit visa mandiri?

    Misalnya saya punya hutang 5 juta, saya tidak pernah pakai lagi dan pembayaran cicilan macet, apakah tagihan ini akan membengkak seiring dengan berjalannya waktu? Apakah bunga hanya dikenakan terhadap pinjaman saja atau termasuk bunga juga? Misal pinjaman 5 juta. Bulana depan ada bungan 100 rb, apakah bungan bulan berikutnya terhadap 5.100.000 atau hanya terhadap 5.000.000 saja?

    Terimakasih,
    Zamah Saari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s